Cara Auto Post dari Google+ ke Twitter & Facebook

Cara Auto Post dari Google+ ke Twitter & Facebook

Written By Polma Sihotang on Saturday, 15 June 2013 | Saturday, June 15, 2013 | 

connect google+ - twitter - facebook
Setelah banyaknya penggunaan aplikasi update status otomatis dari Facebook ke Twitter maupun Tweet Twitter ke Facebook, banyak yg menanyakan tentang auto post dari & ke Google Plus (G+). Sayangnya, sampai saat artikel ini ditulis, Google belum share API Google+ sehingga para developer belum dapat mengembangkan aplikasi untuk menghubungkan atau melakukan autopost dari Google+ ke social media lain maupun sebaliknya.
Apa sih keuntungan melakukan auto post status? Seorang user dapat menyampaikan informasi (status) dari suatu social media ke social media lain tanpa harus posting/menuliskan satu persatu ke masing-masing social media. Dengan aplikasi tertentu, user dapat posting suatu status dengan sekali post saja. Selanjutnya, secara viral, aplikasi akan menyebarkan ke social media lain secara otomatis. 
Kembali ke Google+. Seperti yg sudah disebutkan, Google+ belum memungkinkan adanya aplikasi yg berfungsi seperti itu. Namun, kita dapat mengakalinya dengan menggunakan layanan tertentu serta menggunakan aplikasi yg sudah ada. Setidaknya, kita dapat melakukan auto publish dari Google+ ke Twitter & Facebook. Sistem kerjanya adalah sebagai berikut:
Mendaftarkan halaman post Google+ ke sebuah layanan > Layanan tersebut membaca setiap update Google+ > Post tersebut diteruskan ke Twitter (setelah melakukan verifikasi aplikasi layanan) > Dengan menggunakan aplikasi auto publish tweet, post tersebut diteruskan ke Facebook.

Cara Auto Post Google+ ke Twitter & Facebook

Seperti yg dijelaskan di atas, ada layanan yg mempublish posting Google+ ke Twitter. Layanan tersebut sebenarnya tidak menggunakan API, melainkan berlangganan posting user di Google+ dan meneruskannya menjadi tweet di Twitter. Layanan tersebut adalah ManageFlitter. Berikut langkah selengkapnya:

Auto Post dari Google+ Ke Twitter

1. Masuk ke halaman ini.
2. Hubungkan dengan Google+ anda. Masukkan url id Google +, pastikan akhiri dengan /posts. Contoh:
https://plus.google.com/118429127307284257839/posts
Url ID Google Plus dapat dilihat pada halaman profil Google+. Copy url ID pada bagian address bar. Setelah mendapatkan urlnya + diakhiri /posts, masukkan ke dalam kolom.
3. Connect & Authorize dengan account Twitter
4. Setelah proses autorisasi selesai, maka post/status Google+ akan terkirim secara otomatis ke Twitter sebagai tweet. Pastikan post G+ anda diset ke public karena ManageFlitter hanya akan memposting post yg demikian.

Auto Post dari Twitter ke Facebook

Jika ingin post tersebut juga terposting secara otomatis ke Facebook, maka langkah yg harus dilakukan belum selesai. Untuk auto publish/menghubungkan tweet ke status Facebook secara otomatis, langkahnya cukup sederhana:
1. Pastikan telah login di Twitter.
2. Masuk ke halaman https://twitter.com/settings/profile. Lihat pada bagian paling bawah (Facebook)
3. Connect akun twitter dengan akun Facebook, pilih profile/page yg ingin dihubungkan.
Perhatikan gambar berikut yg menunjukkan urutan prosesnya:
A. klik "Post your Tweets to Facebook" 
B. Jika akun sudah benar, klik "Connect to Facebook"
C. Pilih halaman profile/page yg ingin dihubungkan
4. Setelah setting selesai, save.
Dengan langkah-langkah di atas, kini anda dapat menghubungkan akun Google Plus dengan Twitter & Facebook hanya dengan satu langkah saja. Semoga tips kecil ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar