Cara Mempertahankan Posisi Artikel Di Google

Cara Mempertahankan Posisi Artikel Di Google

Written By Polma Sihotang on Saturday, 15 June 2013 | Saturday, June 15, 2013 | 

Cara Mempertahankan Posisi Artikel Di Google | Tips Dan Trik Mempertahankan Posisi Artikel Di Google - Mau berbagi ilmu seo sedikit nih, beberapa posting di blog ini menempati posisi yang lumayan di hasil pencarian google. Tetapi alangkah terkejutnya saya ketika iseng-iseng melakukan cek posisi di SERP ternyata banyak juga yang tergusur dari halaman pertama google.

Bagaimana Cara Mendapatkan Peringkat Tertinggi di Halaman Awal Google
Apa anda juga mengalami hal yang sama? Mungkin yang jadi pertanyaan adalah bagaimana supaya artikel tetap stabil di SERP, bahkan kalau perlu di nomor 1. Padahal kita sudah melakukan optimasi seo, baik seo on page maupun seo off page tapi kok masih melorot posisi atau rangkingnya?

Apa Itu SERP?


SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, artinya ya berarti halaman pada hasil pencarian di mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll.

Tips Mempertahankan Posisi Artikel Di SERP


Menurut para ahli seo, jika anda bertanya apakah ada cara supaya posisi di SERP selalu bertahan jawabannya adalah tidak. Hal ini dikarenakan memang algoritma search engine yang selalu berubah-ubah untuk menghasilkan hasil yang lebih baik lagi bagi para pencari informasi.

Lah terus ini tips apaan? Hehehe, saya bukan ahli seo, tips di sini saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi setelah membaca saran para mastah-mastah plus tips memeprtahankan posisi di SERP yang saya anggap masuk akal.
  1. Buatlah judul yang menarik. Yup, usahakan anda membuat judul yang menarik bagi pengunjung dan membuat penasaran. Logikanya gini, misal blog anda di urutan 4, tapi karena judul yang membuat pengunjung penasaran maka pengunjung akan mengklik artikel anda daripada yang berada di urutan pertama. Semakin sering diklik, semakin baik pula posisi blog kita di mata mbah google sehingga bisa bertahan di SERP.
  2. Konten yang berkualitas. Setelah pengunjung membaca artikel anda maka akan ada penilaian dari pengunjung tersebut, jika artikel anda berkualitas so pasti bisa membuat pengunjung betah, tambahkan juga internal link ke artikel lain yang bersangkutan dengan anchor text tertarget. Perlu dicatat, algoritma google juga menilai seberapa lama pengunjung berada di blog anda, semakin betah ya semakin baik.
  3. Backlink. Tidak bisa dipungkiri, backlink tetaplah menjadi nyawa dari SEO, terutama bagi search engine google. Carilah backlink yang berkualitas dan sesuai dengan topik artikel.
  4. Membuat beberapa artikel sekaligus yang masih berkaitan, misal anda lagi menulis artikel tentang alexa, maka pecahlah dia menjadi beberapa postingan, misal "mengenal alexa", "menurunkan ranking alexa", "pentingnya alexa", dll. Tapi ingat, tetap berkualitas ya supaya bisa

    mempertahankan rangking atau posisi artikel di SERP

    .
  5. Memperbaiki SEO On Page, silahkan anda cek skor seo on page sobat dengan beberapa tools yang ada di internet, semakin tinggi skornya semakin besar peluang untuk

    mempertahankan posisi di SERP

    .
  6. Mengurangi outbound link (link keluar). Memang sih ini termasuk di poin sebelumnya yaitu tentang seo on page, akan tetapi perlu saya ulang lagi karena outbound link memang kurang bagus buat blog kita, kecuali benar-benar menuju ke authorized source. Jangan lupa tambahkan rel nofollow untuk semua link keluar.
  7. Berdoa, jangan lupa ya. Ini mah wajib :)
Mungkin itu saja tips bertahan di SERP Google yang saya lakukan, perlu dicatat juga, tips ini tidak berlaku untuk kontes seo. Karena optimasi di kontes membutuhkan banyak amunisi, terutama backlink dan link wheel.

Oke, semoga bermanfaat dan selamat berusaha untuk mempertahankan posisi di SERP :)

0 komentar:

Posting Komentar